Salah satu akademisi dari Program Studi Dental Fakultas Ilmu Kesehatan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil menjadi juara I Lomba Ilmiah Presentasi Presentasi yang diselenggarakan oleh Federation Dentaire International (FDI) dan Asosiasi Internasional Dental Association (IDA) Riau dari tanggal 17 sampai 18, 2017 di Pekanbaru Riau. Akademisi sebagai pemenang pertama adalah drg. Novitasari Ratna Astuti, MPH

Tahun ini, FDI-IDA Continuing Dental Education mengangkat Dentist Professional and Artist sebagai temanya. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan praktik dokter gigi sebagai peserta pelaporan penelitian ilmiah dan laporan kasus.

Akhirnya, dari 40 peserta yang menyerahkan penelitian ilmiah fulltext mereka di babak penyisihan, hanya 3 peserta yang terpilih untuk lolos ke babak final. Di babak final, drg.Novitasari Ratna Astuti, MPH mempresentasikan Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Komunikasi Terapeutik dan Keterampilan Komunikasi Dokter-Pasien di antara Siswa Klinis di Rumah Sakit Gigi Akademik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Setelah melewati tahap penilaian dimana skor dihitung dari berbagai komponen, Program Studi Dental Fakultas Ilmu Kesehatan dan Ilmu Pengetahuan UMY berhasil menjadi pemenang pertama dalam acara tersebut.